Puskesmas PTM & Posbindu PTM

Perubahan pola penyakit di masyarakat dari penyakit menular ke arah penyakit tidak menular (PTM) menjadi masalah kesehatan baru. PTM telah menjadi masalah kesehatan yang utama dimana dapat dilihat dari banyaknya kasus PTM yang mendominasi angka kasus tertinggi jika dibandingkan dengan penyakit menular yang lain, bahkan PTM telah menjadi penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di masyarakat (Darah tinggi, Jantung Koroner, Kencing Manis, Stroke, Penyakit Paru Obstruksi Kronik, dll)

Adapaun Prioritas saat ini dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPTM) adalah dengan kejadian tertinggi, sbb :

  1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, dengan prioritas spesifik : PJK, Hipertensi dan Stroke.
  2. Diabetes Mellitus (DM)
  3. Penyakit Kronis dan Penyakit Degeneratif lainnya, dengan prioritas spesifik : Asma, PPOK, dan SLE.
  4. Kanker, dengan prioritas spsifik adalah : Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks), Kanker Payudara, Kanker pada anak (Leukemia, Retinoblastoma, Osteosarkoma, Neuroblastoma, Limfoma Malignan, Karsinoma Nasofaring).
  5. Cedera dan Tindak Kekerasan, dengan prioritas spesifik : KLLJ, Tindak Kekerasan, Jatuh, Tenggelam, Keracunan, Terbakar (Sengatan Listrik), Gigitan Binatang (Gigitan Ular).

Pos Pembinaan Terpadu atau disingkat posbindu PTM adalah suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Kegiatan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat ini dengan pembiayaan berdasar kesepakatan warga melalui musyawarah, dipertanggung jawabkan oleh masyarakat serta jadwal dan jenis kegiatannya yang juga ditetapkan oleh masyarakat.

Puskesmas PTM adalah suatu puskesmas yang melakukan upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).

UPT Puskesmas Klungkung II mulai melaksanakan program Posbindu PTM dan Puskesmas PTM ini sejak bulan Juni. Posbindu PTM dilaksanakan di Desa Payungan dan telah memiliki kader posbindu PTM. Pelatihan petugas untuk melakukan skrining PTM juga telah dilaksanakan di UPT Puskesmas Klungkung II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>